Perpustakaan BPS Kabupaten Jember
berbeda dengan perpustakaan umumnya. Jika perpustakaan umum biasanya menyajikan
bermacam-macam buku mengenai pengetahuan secara luas, maka perpustakaan BPS
Kabupaten Jember hanya menyajikan data atau narasi yang ada di daerah atau
kabupaten itu sendiri dan daerah lain. Seperti potensi di tiap desa dan
kecamatan, ketenagakerjaan, kependudukan, kesehatan, transportasi serta PDRB se
Kabupaten Jember. Biasanya data yang diinginkan dimanfatkan untuk penelitian,
evaluasi kegiatan, membuka usaha baru, dll. Data yang dimiliki BPS Kabupaten
Jember sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik dari kalangan anak remaja yaitu
para pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum dari instansi baik pemerintah
ataupun swasta dan juga para peneliti. Tidak hanya itu saja, kalangan pengusaha
pun membutuhkan data statistik.
Begitu pentingnya data BPS dikalangan
masyarakat maka BPS pun harus memberikan pelayanan prima sehingga dapat
memberikan kepuasan bagi pelanggan. Melayani pelanggan bukanlah hal yang mudah.
Mendengarkan setiap permintaan dan kebutuhan mereka tentu tidaklah mudah karena
belum tentu apa yang di inginkan pelanggan terpenuhi. Apabila data yang dicari
pelanggan tidak ada, petugas perpustakaan memberikan solusi bagaimana dan
dimana pelanggan bisa mendapatkan data yang di inginkan.
Dalam pelayanan, Komunikasi merupakan
hal yang begitu penting. Jangan sampai membuat para pelanggan bingung dengan
penjelasan-penjelasan kita. Petugas perpustakaan harus mampu berkomunikasi
dengan baik yang diantaranya meliputi 3A yaitu Attitude (sikap dalam
berkomunikasi), Attention (mampu memberikan perhatian pada saat berkomunikasi),
dan Action (melakukan tindakan dalam komunikasi). Selain itu petugas
perpustakaan harus mampu mempresentasikan hal-hal yang membuat pengunjung
merasa senang, betah, dan merasa dilayani dengan baik. Contoh kasus, ketika
pengunjung mencari buku dengan judul tertentu tetapi belum tersedia di
perpustakaan atau sedang dipergunakan oleh pengunjung yang lain saat itu juga
pustakawan mampu menawarkan judul buku lain yang berkaitan dengan judul buku
yang dicari pengunjung. Melalui teknik presentasi yang ramah dan bersahabat
pengunjung tetap memperoleh sesuatu yang berarti.
Untuk berkunjung ke perpustakaan BPS
Kabupaten Jember sangat mudah, para pelanggan hanya perlu membawa tanda pengenal
untuk disalin data pribadinya dan para pelanggan pun bisa mencari-cari data apa
yang diperlukan. Atau jika pelanggan bingung, bisa ditanyakan pada petugas
perpustakaan sehingga petugas membimbing atau memberikan data yang diinginkan.
BPS Kabupaten Jember juga memberikan
pelayanan yang begitu mudah untuk para pencari dan pengguna data tanpa perlu
berkunjung ke perpustakaan BPS Jember, melalui http://jemberkab.bps.go.id
pencari dan pengguna data dapat mengakses dan mengunduh data-data yang
diperlukan.
Untuk ke depannya, BPS Kabupaten
Jember akan mengoptimalkan pelayanan pengunjung dan konsumen data seraya
semakin memberikan data yang semakin memenuhi keinginan pengguna data.
Pelayanan juga akan semakin disempurnakan dengan pelayanan berbasis sistem informasi
digital.
Mari kita bersama menggali
potensi, membangun Negeri yang maju
dengan data sebagai landasan pembangunan yang kokoh.
(by: a_h).