Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) sudah di depan mata. Sebagai empunya kegiatan tentu BPS berkewajiban untuk mensosialisasikan kegiatan nasional ini. Selanjutnya, poin apa saja yang mesti disampaikan ketika memberikan informasi mengenai SE2016. Berikut ini informasi penting terkait dengan SE2016. Semoga dapat menjadi bahan referensi bagi semua, untuk ikut mensosialisasikan SE2016 ke lingkungan terdekat.
APA ITU SENSUS EKONOMI?
Sensus atau pendataan yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia dimana mencakup semua aktivitas ekonomi dan skala ekonomi usaha (kecuali sektor pertanian).
KAPAN PELAKSANAANNYA?
Sensus Ekonomi 2016 dilaksanakan pada tanggal 1 – 31 Mei 2016 yang akan datang.
MENGAPA HARUS DILAKSANAKAN SE2016?
Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional. Sensus ekonomi menghasilkan gambaran lengkap level dan struktur ekonomi nonpertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu, juga akan diketahui daya saing bisnis di Indonesia, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha.
APA YANG DIPEROLEH DARI SE2016?
1. Pemetaan potensi (level) ekonomi menurut wilayah, jenis, dan pelaku usana;
2. Benchmarking PDB/PDRB, ketenagakerjaan, dan lain-lain;
3. Tersedianya sampling frame untuk berbagai survey di bidang ekonomi;
4. Terbangunnya basis data dan benchmark Updating Integrated Business Register;
5. Karakteristik usaha menurut skala usaha;
6. Karakteristik usaha unik seperti franchise, e-commerce/online business, multilevel marketing, dan lain-lain;
7. Pemetaan daya saing bisnis menurut wilayah;
8. Tinjauan prospek bisnis dan perencanaan investasi di Indonesia.
CAKUPAN SE2016
Seluruh usaha/perusahaan non pertanian:
a. Di lokasi tetap/permanen (mall, kantor, pasar, dll),
b. Di lokasi tidak tetap (kaki lima, pasar kaget, dll),
c. Usaha keliling,
d. Di rumah tangga (warung).
Pelaku usaha:
a. Pemerintah (sekolah, rumah sakit);
b. Lembaga nonprofit (tempat ibadah, organisasi sosial);
c. Korporasi (erusahaan, restoran, supermarket, hotel);
d. Di rumah tangga (online, sektor nonformal).